Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Serba-serbi Bohong dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Serba-serbi Bohong dalam Bahasa Inggris

2024.08.05

Dalam bahasa Inggris, kata “lie” biasanya digunakan untuk menjelaskan kata “bohong”. Padahal, ada banyak kosakata bahasa Inggris lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menjabarkan suatu kebohongan. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh kata bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan:

Dishonesty

Salah satu kosakata bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan untuk menerjemahkan kata “bohong” adalah “dishonesty”. Kata yang satu ini sebenarnya lebih tepat diartikan sebagai “ketidakjujuran”. Ya, dishonesty termasuk ke dalam kata benda.

Nah, “ketidakjujuran” sama artinya dengan melakukan suatu kebohongan. Oleh sebab itu, kata “dishonesty” boleh kamu gunakan untuk mengartikan kebohongan.

Contoh kalimat yang menggunakan kata “dishonesty” dengan benar adalah:

● Five civil servants were dismissed for dishonesty. (Lima Pegawai Negeri Sipil dipecat karena tidak jujur.)

Slander

Kata berikutnya yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif dari “lie” adalah slander. Kata yang satu ini sesuai jika digunakan untuk menjelaskan suatu tindak kebohongan yang spesifik, yaitu “fitnah”. Ya, dalam bahasa Indonesia, kata “slander” berarti “fitnah”. Itu berarti, slander adalah aksi kebohongan yang mengatakan hal yang tidak benar tentang orang lain.

Contoh kalimat yang menggunakan kata “slander” dengan benar adalah sebagai berikut:

● I’m suing you for slander! (Aku akan menuntutmu dengan tuduhan pemfitnahan!)

● It was a vicious slander on the company’s good name. (Itu adalah fitnah yang kejam terhadap nama baik perusahaan.)

Fake

Sebenarnya, “fake” adalah kata bahasa Inggris yang berarti, “palsu”. Jadi, tidak langsung memberikan makna, “bohong” saat digunakan. Namun, pada konteks tertentu, kata yang satu ini juga bisa digunakan untuk menjelaskan suatu kebohongan.

Misalnya, ada orang lain yang memberikan berita bohong kepadamu. Kamu bisa menggunakan frasa fake news, untuk menjelaskan bahwa berita yang disampaikan adalah berita bohong atau berita palsu.

Berikut contoh penggunaan kata “fake” dalam kalimat bahasa Inggris yang berkaitan dengan “bohong”:

●       I never believed this television channel. It always spread fake news. (Aku tidak pernah mempercayai saluran televisi ini. Saluran itu selalu menyebarkan berita bohong.)

White lie

Jika “lie” adalah kebohongan, “white lie” adalah suatu kebohongan yang dilakukan dengan niatan baik. Sebagai contoh, seorang anak tidak mengatakan hal yang sebenarnya kepada sang Ibu karena tidak ingin membuatnya merasa khawatir. Nah, kebohongan tersebut bisa disebut sebagai “white lie”.

Dalam hal ini, niatan melakukan kebohongan dilandasai oleh suatu hal yang baik. Itu tandanya, untuk saat itu, berbohong adalah pilihan terbaik demi menutupi suatu fakta atau kejujuran yang menyakitkan.

Nah, berikut ini adalah contoh penggunaan white lie dalam kalimat bahasa Inggris:

It was just a little white lie. (Itu hanyalah sebuah kebohongan kecil untuk niatan yang baik.)

Myth

Sementara itu, kata yang satu ini juga bisa kamu gunakan untuk mendeskripsikan suatu kebohongan. Biasanya, “myth” atau mitos merupakan suatu hal yang belum terbukti benar, tetapi selalu dianggap sebagai suatu fakta.

Nah, hal itulah yang membuat kata ini bisa digunakan untuk menjelaskan aksi kebohongan. Pasalnya, saat seseorang menyatakan suatu hal dengan yakin bahwa itu adalah fakta tanpa memastikan terlebih dahulu sebelumnya, tentu hal itu yang disebut dengan “bohong”. Alhasil, “myth” merupakan variasi dari kata “lie”.

Contoh kata myth dalam kalimat bahasa Inggris yang benar:

●       Contrary to popular myth, women are not worse drivers than men. (Tak sesuai dengan mitos yang populer, perempuan bukan pengemudi yang lebih buruk dari laki-laki.)

Masih ada kata-kata bahasa Inggris lain yang bisa kamu gunakan untuk menjelaskan kata “bohong”. Pelajari terus agar kemampuan bahasa Inggrismu meningkat, ya!

Daftar Konsultasi Gratis

Serba-serbi Bohong dalam Bahasa Inggris