Menu
forthnight
Listening and Speaking

Ada Forthnight! Ini Istilah Waktu yang Jarang Diketahui dalam Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.07.24

EFriends pasti sudah tidak asing lagi dengan kata-kata seperti "day", "month", atau "year" dalam bahasa Inggris. Tapi, tahu nggak sih kalau ada banyak istilah unik lainnya yang jarang kita dengar sehari-hari seperti fortnight atau biweekly? Nah, kali ini kita akan membahas berbagai istilah menarik tentang waktu yang pastinya bikin kamu punya vocabulary baru! Yuk, kita mulai!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Selain menambah perbendaharaan kata, mengetahui istilah-istilah di bawah ini akan sangat membantu EFriends dalam memahami teks-teks berbahasa Inggris, terutama yang berkaitan dengan sejarah atau bahkan ilmu pengetahuan. Misalnya, jika kamu sedang membaca novel bahasa Inggris atau artikel ilmiah dan menemukan kata-kata ini, pasti jadi lebih mudah memahaminya.

bahasa inggris waktu

Fortnight

Seperti salah satu judul lagu dari penyanyi pop populer, fortnight berasal dari bahasa Inggris kuno "feowertyne niht". Fortnight adalah istilah yang digunakan untuk menyebut dua minggu atau empat belas hari. Misalnya, "I will visit my grandparents every fortnight" yang artinya "Saya akan mengunjungi kakek-nenek saya setiap dua minggu sekali."

Sennight

Sennight, kata ini juga berasal dari bahasa Inggris kuno "seofon niht". Merupakan istilah lama yang berarti satu minggu atau tujuh hari. Contoh kalimatnya adalah "She stayed with us for a sennight" yang artinya "Dia tinggal bersama kami selama satu minggu."

Biweekly

Biweekly bisa membingungkan karena memiliki dua arti, yaitu bisa berarti dua kali seminggu atau setiap dua minggu. Jadi, penting banget untuk memahami konteks kalimatnya! Contohnya, "We have a biweekly meeting" bisa berarti "Kami punya pertemuan dua kali seminggu" atau "Kami punya pertemuan setiap dua minggu."

Selain untuk keterangan minggu, kamu juga bisa menggunakannya untuk keterangan bulan, yaitu bimonthly.

Quarter

Quarter adalah istilah untuk periode tiga bulan dalam setahun. Biasanya digunakan dalam konteks bisnis atau akademik. Contohnya, "The company's performance improved in the last quarter" yang artinya "Kinerja perusahaan membaik pada kuartal terakhir."

Kalau kamu mau mengatakan "sekali setiap satu kuartal", kamu bisa gunakan kata quarterly.

Semester

Semester adalah periode enam bulan, biasanya digunakan dalam konteks akademik. Contoh kalimatnya, "Our school year is divided into two semesters" yang artinya "Tahun ajaran kami dibagi menjadi dua semester."

Biennial

Biennial berarti sesuatu yang terjadi setiap dua tahun sekali. Misalnya, "The biennial art exhibition is a major event" yang artinya "Pameran seni yang diadakan dua tahun sekali adalah acara besar."

Triennial

Triennial adalah istilah untuk sesuatu yang terjadi setiap tiga tahun sekali. Contohnya, "They organize a triennial conference" yang artinya "Mereka mengadakan konferensi tiga tahun sekali."

Decade

Decade adalah istilah yang lebih umum dan sering EFriends dengar, yang berarti sepuluh tahun. Contohnya, "She has worked here for over a decade" yang artinya "Dia telah bekerja di sini selama lebih dari sepuluh tahun."

Century

Century berarti seratus tahun. Misalnya, "The building has stood for more than a century" yang artinya "Bangunan ini telah berdiri selama lebih dari seratus tahun."

Millennium

Millennium adalah istilah untuk seribu tahun. Contohnya, "We are living in the third millennium" yang artinya "Kita hidup di milenium ketiga."

Nah, EFriends, sekarang kamu sudah tahu berbagai istilah unik dalam bahasa Inggris yang berhubungan dengan waktu! Istilah-istilah ini memang tidak selalu digunakan dalam percakapan sehari-hari, tapi memahaminya dapat memperkaya kosakata dan memperluas pemahaman tentang pengukuran waktu dalam skala yang berbeda. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan istilah-istilah ini di kesempatan yang tepat ya!

Ingin bisa berbahasa inggris layaknya native speaker? Kamu bisa lho mengikuti kelas percobaan gratis EF! Tentunya dengan metode belajar yang bervariasi dan guru yang profesional, dijamin belajar bahasa Inggris jadi makin menyenangkan dan tidak membosankan. Cukup dengan mengisi nomor telepon pada form di atas, kamu sudah bisa ikut keseruan kelasnya!

Sampai bertemu Tom di kelas ya!