Menu
game plan
Grammar and Vocabulary

Endgame! Yuk Kenali Idiom Bahasa Inggris Tentang Game

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.07.24

Tidak ada yang tidak menyukai game. Dalam bahasa Inggris, kata "game" tidak cuma buat ngomongin soal permainan, lho! Ada banyak idiom yang pakai kata "game" yang artinya beragam. Ada game changer, endgame dan lain-lain. Yuk, ikut Tom bahas satu per satu!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Dengan memahami idiom-idiom ini, kamu bisa menambah kosakata dan bikin bahasa Inggrismu lebih ekspresif. Berikut idiom-idiom yang menggunakan kata "game".

check off

The Name of the Game

Kalau kamu dengar idiom ini, artinya adalah inti atau hal yang paling penting dalam sebuah situasi. Misalnya, dalam sepak bola, yang paling penting adalah kerja sama tim. Jadi, kalau kamu ingin menjadi pemain sepak bola yang hebat, kamu harus belajar bagaimana cara bekerja sama dengan teman satu timmu. Contohnya:

"In soccer, teamwork is the name of the game."
(Dalam sepak bola, kerja sama tim adalah hal yang paling penting.)

Ahead of the Game

Idiom ini berarti kamu sedang dalam posisi yang lebih baik daripada yang lain atau lebih siap. Dengan ini, kamu bisa mengurangi stres dan merasa lebih percaya diri saat menghadapi tantangan. Misalnya, ketika kamu punya ujian minggu depan, tapi kamu sudah mulai belajar dari sekarang. Contohnya:

"By studying early, you can stay ahead of the game."
(Dengan belajar lebih awal, kamu bisa lebih siap daripada yang lain.)

Endgame

"Endgame" mengacu pada tahap akhir dari sesuatu, biasanya ketika hasilnya hampir ditentukan. Misalnya, bayangkan kamu sedang bermain catur dan sudah hampir mengalahkan lawanmu. Saat itulah kamu berada di "endgame". Contohnya:

"We are now in the endgame of the negotiations."
(Sekarang kita berada di tahap akhir negosiasi.)

Game Plan

Artinya kamu punya rencana atau strategi untuk mencapai tujuan. Ini akan membantu kamu bisa lebih terorganisir dan fokus. Misalnya, saat kamu dan teman-temanmu sedang mengerjakan proyek sains. Supaya proyekmu sukses, kalian harus membuat rencana yang jelas tentang apa yang harus dilakukan dan kapan harus diselesaikan. Contohnya:

"What's your game plan for the science project?"
(Apa rencanamu untuk proyek sains?)

Game Changer

Ini berarti sesuatu yang mengubah situasi secara drastis. "Game changer" bisa berupa penemuan baru, ide brilian, atau bahkan keputusan yang mengubah arah hidupmu. Contohnya:

"The new technology is a real game changer for the industry."
(Teknologi baru ini benar-benar mengubah situasi dalam industri.)

Fun and Games

Idiom "Fun and Games" sering digunakan untuk menggambarkan aktivitas yang menyenangkan dan penuh kegembiraan. Biasanya, idiom ini digunakan ketika seseorang ingin menyampaikan bahwa suatu kegiatan atau waktu tertentu dipenuhi dengan hiburan dan kesenangan. Contohnya:

"I think he was surprised that the new project wasn't all fun and games."
(Aku pikir dia terkejut karena proyek barunya tidak sepenuhnya menyenangkan.)

Give the Game Away

Kemudian, "give the game away" berarti mengungkapkan rahasia atau memberikan informasi penting yang seharusnya tetap tersembunyi. Contohnya:

"Sarah almost gave the game away when she mentioned the surprise party while chatting with Jane."
(Sarah hampir membocorkan rahasia saat dia menyebutkan pesta kejutan saat ngobrol dengan Jane.)

Be On Your Game

Terakhir, idiom ini bermakna kamu sedang dalam kondisi terbaik atau tampil sangat baik. Misalnya, saat kamu mengikuti lomba lari dan berhasil mencatat waktu terbaikmu. Di sini kamu memberikan usaha terbaikmu dan menunjukkan kemampuanmu yang sebenarnya. Contohnya:

("She is really on her game today, answering all the questions correctly."
Dia benar-benar dalam kondisi terbaik hari ini, menjawab semua pertanyaan dengan benar.)

Nah, gimana, EFriends? Ternyata banyak banget ya idiom keren yang pakai kata "game". Jadi, selain bermain game, sekarang kamu juga bisa pakai idiom-idiom ini buat bikin bahasa Inggrismu makin keren dan bervariasi.

Biar lancar dan nggak nervous waktu ngomong bahasa Inggris karena bingung sama grammar, yuk gabung di kelas percobaan gratis di EF! Di sini kamu akan belajar dan memahami cara penggunaan grammar yang tepat dalam berbagai konteks percakapan dengan guru yang profesional dan kelas yang seru. Tertarik untuk belajar bahasa Inggris bersama EF? Langsung isi nomor teleponmu pada form yang tersedia di laman ini, kamu sudah bisa ikut kelasnya.