Menu
sakit
Listening and Speaking

Hurt, Pain, atau Ache? Ini Cara Mengekspresikan Rasa Sakit

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.07.12

Pernahkah EFriends merasakan perasaan tidak nyaman di tubuhmu? Rasanya seperti, diremas, atau perih? Nah, perasaan itu sering kali kita sebut sebagai rasa sakit. Dalam bahasa Inggris ada kata yang digunakan untuk mengungkapkan rasa sakit, yaitu "hurt", "pain", dan "ache". Mari ikut Tom membahas ketiga perbedaannya.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Ungkapan rasa sakit atau "expression of pain" adalah cara untuk menyampaikan bahwa kamu sedang merasakan sakit, baik secara fisik maupun emosional. Ungkapan ini sering digunakan saat kamu merasakan sakit yang tiba-tiba, seperti terjatuh atau merasa sangat sedih dan kecewa. EFriends, mana perasaan yang pernah kamu rasakan?

Untuk mengekpresikan rasa sakit, kamu bisa menggunakan kata hurt, pain, dan ache yang termasuk dalam kata benda (noun) dalam bahasa Inggris. Ketiga kata ini memiliki arti yang sama-sama, yaitu "sakit".

jangan takut bertanya

Hurt

Pertama, "hurt" biasanya digunakan untuk menggambarkan rasa sakit akibat cedera atau luka. Rasa sakitnya bisa bersifat akut dan tajam, seperti saat kamu terjatuh dari sepeda atau tergores sesuatu yang tajam. Kata "hurt" juga bisa digunakan untuk menggambarkan rasa sakit secara emosional, seperti saat kamu merasa sedih atau kecewa.

Contoh kalimat:

  • "I hurt my knee when I fell off my bike."
    Lututku sakit saat aku jatuh dari sepedaku.

  • "Her words really hurt me."
    Kata-katanya benar-benar menyakitkan hatiku.

Pain

Selanjutnya, "pain" digunakan untuk menggambarkan rasa sakit yang lebih luas dan intens, baik secara fisik maupun emosional. Rasa sakit ini bisa berlangsung lama dan terasa seperti tekanan, perih, atau panas. "Pain" juga bisa digunakan untuk menggambarkan rasa sakit secara emosional, seperti saat kamu merasa tertekan atau stres.

Contoh kalimat:

  • "The pain in my back has been bothering me for weeks."
    Rasa sakit di punggungku telah menggangguku selama berminggu-minggu.

  • "She is in a lot of pain after the surgery."
    Dia sangat sakit setelah operasi.

Ache

Terakhir, "ache" biasanya digunakan untuk menggambarkan rasa sakit yang berdenyut, seperti saat kamu sakit kepala (headache), sakit perut (stomach ache) atau sakit gigi (toothache). Rasa sakit ini biasanya berlangsung lama dan terasa seperti nyeri atau pegal.

Contoh kalimat:

  • "My head aches so bad that I can't concentrate."
    Kepalaku pusing sekali sehingga aku tidak bisa berkonsentrasi.

  • "My muscles ache all over after the workout."
    Otot-ototku pegal di seluruh tubuh setelah berolahraga.

Agar kamu lebih paham tentang expression pain, EFriends juga bisa memperhatikan dan mempraktekkan contoh dialog berikut ini:

Sophie: "You don’t look well. Is everything okay?"
Sophie: Kamu tidak terlihat sehat. Apakah semuanya baik-baik saja?

John: "I’ve had a headache since this morning. It just won’t go away."
John: Aku sudah sakit kepala sejak pagi ini. Rasanya tidak hilang-hilang.

Sophie: "Have you taken any medicine for the ache?"
Sophie: Apakah kamu sudah minum obat untuk sakitnya?

John: "Yes, but it’s still there. I think I need to rest."
John: Sudah, tapi masih terasa. Aku rasa aku perlu istirahat.

Bagaimana? Jangan takut lagi untuk mengekpesikan rasa sakitmu ya! Dengan memahami perbedaan antara "hurt," "pain," dan "ache" ini akan membantu kamu dalam mengungkapkan perasaan sakit dengan lebih tepat. Nah, EFriends, sekarang kamu sudah tahu perbedaan antara "hurt", "pain", dan "ache", kan? Ingatlah untuk selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari rasa sakit.

Jika kamu ingin makin aktif dan lancar dalam berbahasa inggris? Kamu bisa lho mengikuti kelas percobaan gratis EF! Selain belajar speaking, ada berbagai kegiatan belajar menyenangkan dengan metode belajar yang bervariasi seperti melakukan role play dan LifeClub. Dijamin belajar bahasa Inggris jadi makin menyenangkan dan tidak membosankan! Cukup dengan mengisi nomor telepon pada form di atas, kamu sudah bisa ikut keseruan kelasnya!