Menu
wishy washy
Grammar and Vocabulary

Wishy Washy, Holy Moly dan Pasangan Kata Unik Bahasa Inggris Lainnya

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.10.10

Ada berbagai macam ungkapan menarik dan lucu dalam bahasa Inggris yang disebut silly english words. Beberapa kata ini termasuk dalam kategori reduplication words atau pengulangan kata. Selain terdengar lucu, kata-kata ini juga memiliki makna yang unik dan menarik! Mau tahu apa saja?!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Kalau dalam bahasa Indonesia, kamu sudah familiar dengan kata seperti sayur-mayur, bolak-balik, dan tunggang-langgang, kan?

Kata-kata reduplication ini sering muncul dalam percakapan sehari-hari dan sering digunakan untuk mengekspresikan sesuatu secara lebih santai atau lucu. Adanya kata pengulangan memudahkan EFriends untuk mengungkapkan atau menggambarkan hal-hal yang mungkin sulit dijelaskan hanya dengan satu kata.

Apa itu Reduplication Words?

teeter-totter

Sekarang, sebelum kita menyelami lebih dalam, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu reduplication words. Kata-kata yang disebut "reduplicatives" adalah jenis kata atau frasa yang terdiri dari dua bagian yang memiliki bunyi yang mirip, sering kali dengan pengulangan suara atau pola ritme tertentu, seperti menambah penekanan, kesan humoris, atau hanya sekadar membuat percakapan lebih menarik. Umumnya, pengulangan ini dilakukan untuk menambah efek ekspresif, sehingga kata tersebut lebih mudah diingat atau lebih menyenangkan ketika diucapkan. Berikut adalah beberapa contoh reduplication words dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan.

Nitty-gritty (Hal-hal Penting)

EFriends, nitty-gritty adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan hal-hal penting, seperti dalam percakapan. Misalnya,

“Let’s get down to the nitty-gritty of this project.”

Artinya, "Mari kita bahas inti dari proyek ini."

Kata ini mengajak kita untuk fokus pada hal-hal kecil yang mungkin sering diabaikan, tapi sebenarnya sangat penting.

Dilly-dally (Berlama-lama)

Siapa yang suka menunda-nunda pekerjaan? Kalau EFriends suka menunda-nunda sesuatu atau jalan-jalan santai tanpa tujuan jelas, dilly-dally adalah kata yang menggambarkan hal itu. Ungkapan ini berasal dari kata kerja "dally," yang berarti menghabiskan waktu atau membuang-buang waktu. Contohnya,

Stop dilly-dally and finish your homework!”

Artinya, "Berhenti buang-buang waktu dan selesaikan PR-mu!"

Jadi, EFriends, jangan suka bermalas-malasan seperti menunda-nunda tugas atau aktivitas tanpa alasan yang jelas ya!.

Wishy-washy (Plin plan)

Selanjutnya ada wishy-washy! Berarti plin-plan, kata ini menggambarkan seseorang yang tidak tegas atau bimbang. Misalnya, kalau ada temanmu yang selalu berubah pikiran terhadap suatu hal, EFriends bisa bilang, “Don’t be so wishy-washy, just decide!” Artinya, "Jangan ragu-ragu, ambil keputusan saja!"

Pasangan kata ini sering digunakan untuk menunjukkan bahwa seseorang tidak yakin atau tidak punya pendirian yang jelas.

Flip-flop (Berubah-ubah Pikiran)

Flip-flop bisa berarti sandal jepit. EFriends, selain itu kata flip-flop juga menggambarkan perubahan pendapat atau keputusan yang tiba-tiba dan tidak konsisten. Misalnya,

“He keeps flip-flopping between two choices.”

Artinya, "Dia terus berubah-ubah antara dua pilihan."

Teeter-totter (Jungkat-jungkit)

Nah, teeter-totter sebenarnya adalah sebutan untuk permainan itu dalam bahasa Inggris. Tapi, kata ini juga bisa digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang tidak stabil di antara dua kondisi. Misalnya,

Their relationship is always teeter-tottering between love and hate.”

Artinya, "Hubungan mereka selalu bolak-balik antara cinta dan benci."

Hem and Haw (Menunda-nunda)

Mirip dengan dilly-dally, hem and haw adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang berbicara dengan ragu-ragu atau mengulur-ulur waktu sebelum memberikan jawaban. Pasangan kata ini cocok untuk menggambarkan seseorang yang suka menunda-nunda atau terlalu banyak berpikir sebelum memberikan jawaban. Contohnya,

“He was hemming and hawing when asked about his decision.”

Artinya, "Dia bimbang saat ditanya tentang keputusannya.

Okey-dokey (Oke)

Kalau EFriends bosan bilang "okay" atau "alright," cobalah okey-dokey! Kata ini memberikan kesan yang lebih ceria dan santai dalam percakapan. Misalnya, ketika seseorang mengajakmu pergi, kamu bisa jawab, “Okey-dokey!” yang artinya, "Baiklah!" Kata ini cocok banget untuk membuat suasana jadi lebih santai.

Mumbo-jumbo (Kebingungan)

Merasa seseorang sedang berbicara hal yang membingungkan atau tak masuk akal? EFriends bisa menggunakan frasa mumbo-jumbo untuk menggambarkan situasi tersebut.  Misalnya,

All of this technical talk is just mumbo-jumbo to me.”

Artinya, "Semua pembicaraan teknis ini tidak masuk akal bagiku."

Kata ini bisa kamu gunakan saat seseorang berbicara tentang sesuatu yang tidak kamu pahami.

Holy Moly (Ekspresi Terkejut)

Ketika EFriends sedang kaget atau terkejut, kamu bisa gunakan holy moly untuk mengekspresikan hal tersebut. Misalnya,

“Holy moly! I didn’t expect to see you here!” yang artinya, "Astaga! Aku nggak menyangka bakal melihatmu di sini!"

Kata ini cocok banget digunakan dalam situasi yang mengejutkan. Kata ini mirip dengan ungkapan terkejut lainnya seperti, "good grief" atau "goodness me."

Heebie-jeebies (Rasa Cemas atau Takut)

Heebie-jeebies digunakan untuk menggambarkan perasaan cemas atau takut. Misalnya, kalau EFriends merasa tidak nyaman atau takut dengan sesuatu, kamu bisa bilang, “This old house gives me the heebie-jeebies.” Artinya, "Rumah tua ini membuatku merasa takut."

Gimana, EFriends? Ternyata banyak kan pasangan kata dalam bahasa Inggris yang unik dan seru buat dipelajari? Selain bisa bikin percakapan kamu jadi lebih berwarna, kamu juga bisa menambah kosakata dan pastinya bikin kamu terlihat makin keren saat berbicara bahasa Inggris. Yuk, tambah kosakata kamu dengan belajar pasangan kata yang unik dan mulai praktek sekarang juga!

Masih bingung memasukkan frasa-frasa unik di atas dalam kalimatmu? Kamu bisa mencoba kelas gratis EF lho! Cara belajar yang asyik dan seru bikin kamu nggak mudah bosan saat belajar di kelas. Ada tips n trick juga supaya kamu lebih jago berbahasa Inggris. Cukup dengan mengisi nomor telepon pada laman ini kamu sudah bisa mencoba kelas gratisnya sekarang juga!

Sampai berjumpa di kelas ya!