Tentang Indeks
EF SET adalah tes kemampuan membaca dan mendengarkan dalam bahasa Inggris yang dilakukan secara daring dan adaptif. Ini adalah tes standar dengan skor objektif yang dirancang untuk mengklasifikasikan kemampuan bahasa peserta tes ke dalam salah satu dari enam tingkat yang ditetapkan oleh Common European Framework of Reference (CEFR). EF SET tersedia untuk semua pengguna Internet secara gratis. Untuk informasi lebih lanjut tentang penelitian dan pengembangan EF SET, kunjungi www.efset.org/about/.
Skor EF EPI 2024 telah terbukti berkorelasi kuat dengan skor TOEFL iBT 2021 (r=0,76) dan skor IELTS Academic Test 2022 (r=0,58). Korelasi ini menunjukkan bahwa, meskipun tes ini memiliki desain dan profil peserta tes yang berbeda, tes tersebut tetap mengungkapkan tren serupa dalam kecakapan bahasa Inggris nasional.
Meskipun sampel peserta tes untuk EF EPI bias terhadap responden yang tertarik untuk mengejar pembelajaran bahasa dan orang dewasa muda, sampel tersebut secara kasar seimbang antara responden pria dan wanita dan mewakili pelajar bahasa dewasa dari berbagai tingkatan usia.
- Responden perempuan terdiri dari 43% dari keseluruhan sampel.
- Usia rata-rata responden dewasa adalah 26 tahun.
- 85% dari semua responden berusia di bawah 35 tahun, dan 99% berusia di bawah 60 tahun.
- Usia median responden laki-laki adalah 27 tahun, sedikit lebih tinggi dari usia median responden perempuan, yaitu 26 tahun.
Hanya kota, wilayah, dan negara dengan minimal 400 peserta tes yang dimasukkan dalam Indeks, tetapi dalam banyak kasus, jumlah peserta tes jauh lebih besar.
Populasi peserta tes yang disajikan dalam indeks ini dipilih sendiri dan tidak dijamin representatif. Hanya orang yang ingin belajar bahasa Inggris atau ingin tahu tentang kemampuan bahasa Inggris mereka yang akan berpartisipasi dalam salah satu dari tes ini. Hal ini dapat menggeser skor menjadi lebih rendah atau lebih tinggi daripada populasi umum. Meski begitu, tidak ada manfaat bagi peserta tes untuk memaksakan memperbesar skor mereka dalam tes ini dengan melakukan kecurangan karena hasil tes ini hanya untuk penggunaan pribadi.
EF SET gratis dan dilakukan secara online, jadi setiap orang yang memiliki koneksi Internet dapat mengikutinya. Hampir semua peserta tes kami adalah dewasa pekerja atau dewasa muda yang sedang menyelesaikan studi mereka. Orang-orang yang tidak memiliki akses Internet secara otomatis dikecualikan, meskipun situs EF SET sepenuhnya adaptif dan 38% peserta tes menyelesaikan ujian ini dengan peranti seluler.
Di belahan dunia di mana penggunaan Internet rendah, kami memperkirakan dampak format daring akan kuat. Bias pengambilan sampel ini akan cenderung menaikkan skor dengan mengecualikan orang-orang yang lebih miskin dan kurang berpendidikan. Namun demikian, tes daring dengan akses terbuka telah terbukti efektif dalam mengumpulkan sejumlah besar data tentang berbagai indikator, dan kami yakin tes tersebut memberikan informasi berharga tentang tingkat kecakapan bahasa Inggris global.
Untuk menghitung skor EF EPI, kami menggunakan komponen berbobot yang mencakup EF SET dan EF EPI dua tahun sebelumnya. Pencantuman indeks sebelumnya membantu menstabilkan skor dari tahun ke tahun, tetapi peserta ujian dari tahun-tahun sebelumnya tidak dihitung dalam jumlah peserta ujian total untuk tahun berjalan. Rata-rata regional ditimbang berdasarkan jumlah penduduk.
Berdasarkan ambang batas nilai, kami mengategorikan negara, wilayah, dan kota ke dalam beberapa kelompok. Hal ini memungkinkan terciptanya beberapa kelompok dengan kecakapan bahasa Inggris yang serupa dan perbandingannya dengan wilayah-wilayah lain.
CEFR | Nilai EF EPI | Tingkat EF EPI | |
---|---|---|---|
C2 | 700-800 | Sangat tinggi | |
C1 | 600-699 | Sangat tinggi | |
B2 | 550-599 | Tinggi | |
500-549 | Menengah | ||
B1 | 450-499 | Rendah | |
400-449 | Sangat rendah | ||
A2 | 300-399 | Sangat rendah | |
A1 | 200-299 | Sangat rendah | |
Pre-A1 | 1-199 | Sangat rendah |
- Tingkat Kecakapan Sangat Tinggi sesuai dengan CEFR tingkat C1.
- Tingkat Kecakapan Tinggi dan Sedang sesuai dengan CEFR tingkat B2, di mana setiap tingkat EF EPI sesuai dengan separuh dari tingkatan CEFR.
- Tingkat Kecakapan Rendah sesuai dengan separuh atas CEFR tingkat B1.
- Tingkat Kecakapan Sangat Rendah termasuk ke dalam separuh bawah CEFR tingkat B1 dan A2.
EF EPI tidak bertujuan untuk bersaing dengan atau menyanggah hasil tes nasional, data jajak pendapat bahasa, atau kumpulan data mana pun. Sebaliknya, kumpulan data ini dapat saling melengkapi. Beberapa di antaranya diuraikan secara terperinci, namun terbatas dalam lingkup satu kelompok usia, negara, wilayah, atau profil peserta tes. EF EPI bersifat luas, meneliti orang dewasa usia kerja di seluruh dunia menggunakan metode penilaian umum. Tidak ada kumpulan data lain dengan ukuran dan lingkup yang sebanding, dan, terlepas dari keterbatasannya, kami bersama para pembuat kebijakan, akademisi, dan analis, percaya bahwa EF EPI merupakan rujukan berharga dalam pembahasan global tentang pendidikan bahasa Inggris.
EF EPI disusun melalui proses yang berbeda dari yang dilakukan oleh organisasi penelitian opini publik, seperti Euromonitor dan Gallup, atau oleh OECD dalam survei keterampilan, seperti PISA dan PIAAC. Studi tersebut memilih peserta survei menggunakan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pendapatan, dan berbagai faktor lainnya. Panel survei mereka cenderung kecil, dengan paling banyak beberapa ribu peserta. Karena studi ini disusun menggunakan metode sampling yang rumit, maka dianggap mewakili seluruh populasi. Sayangnya, belum ada survei keterampilan bahasa Inggris seperti ini yang dilakukan di tingkat internasional.
Sumber data lain tentang kecakapan bahasa Inggris berasal dari sistem pendidikan nasional. Banyak sekolah menguji keterampilan bahasa Inggris siswa sekolah menengah atas atau calon mahasiswa menggunakan penilaian nasional standar. Hasil ini bisa dipublikasikan atau pun tidak, namun para pendidik dan pejabat pemerintah menggunakan data tersebut untuk menilai keberhasilan reformasi pendidikan dan menemukan hal-hal yang perlu ditingkatkan. Sayangnya, penilaian nasional tersebut tidak dapat dibandingkan dengan satu sama lain dan tidak diterapkan pada orang dewasa, sehingga meskipun memberikan indikasi yang baik tentang kecakapan bahasa Inggris di kalangan siswa sekolah menengah atas di satu lokasi di dunia, hasil tersebut tidak bisa digunakan untuk perbandingan secara internasional, juga tidak menggambarkan tingkat kecakapan bahasa Inggris orang dewasa.
Tentang Tingkat Kecakapan EF EPI
Tingkat kecakapan EF EPI mempermudah dalam mengidentifikasi negara-negara yang memiliki tingkat keterampilan yang sama serta untuk membuat perbandingan antara dan di dalam wilayah. Tugas yang tercantum untuk setiap kelompok kecakapan menunjukkan sebagian keterampilan yang seharusnya dicapai oleh individu di setiap tingkat. Negara yang tercantum adalah tiga negara teratas dari masing-masing kelompok. EF EPI hanya melakukan survey di negara dan wilayah yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu.
Pada grafik di bawah ini, kami memberikan contoh tugas-tugas yang bisa dikerjakan oleh individu di setiap kelompok kecakapan. Pemilihan tugas ini memang tidak lengkap, namun bisa menjadi rujukan berguna untuk memahami bagaimana peningkatan keterampilan di seluruh kelompok.
Penting untuk diingat bahwa kelompok kecakapan suatu negara hanya menunjukkan tingkat "menengah" orang yang disurvei di negara tersebut. EF EPI berusaha membandingkan negara dan wilayah, sehingga mengabaikan kekuatan dan kelemahan individu.
Kemampuan sangat tinggi
Skor EF EPI 600+
- Menggunakan bahasa bernuansa dan tepat dalam situasi sosial
- Membaca teks tingkat lanjut dengan mudah
- Menegosiasikan kontrak dengan penutur asli bahasa Inggris
Kemampuan tinggi
Skor EF EPI 550 - 599
- Melakukan presentasi di tempat kerja
- Memahami acara TV
- Membaca koran
Kemampuan menengah
Skor EF EPI 500 - 549
- Berpartisipasi dalam pertemuan mengenai bidang keahlian yang dikuasai
- Memahami lirik lagu
- Menulis email profesional mengenai hal yang sudah dikenal
Kemampuan rendah
Skor EF EPI 450 - 499
- Bepergian di negara berbahasa Inggris sebagai wisatawan
- Melakukan obrolan ringan dengan rekan kerja
- Memahami email sederhana dari rekan kerja
Kemampuan sangat rendah
Skor EF EPI < 450
- Memperkenalkan diri secara singkat (nama, umur, negara asal)
- Memahami tanda-tanda sederhana
- Memberi petunjuk arah sederhana kepada turis asing
EF EPI - pertanyaan yang sering diajukan
EF EPI menghitung rata-rata tingkat keterampilan bahasa Inggris dewasa di suatu negara/wilayah menggunakan data dari tiga versi EF SET yang berbeda. Dua versi terbuka untuk semua pengguna Internet secara gratis. Yang ketiga adalah tes penempatan daring yang digunakan oleh EF selama proses pendaftaran untuk kursus bahasa Inggris.
Untuk menghitung skor EF EPI suatu negara, setiap skor tes dinormalisasi untuk mendapatkan persentase jawaban yang benar untuk tes tersebut. Semua skor untuk suatu negara/wilayah kemudian dirata-ratakan di ketiga tes, memberikan bobot yang sama untuk setiap tes. Rata-rata regional dan global ditimbang berdasarkan populasi masing-masing negara/wilayah di setiap wilayah.
Kami menyadari bahwa populasi peserta tes yang diwakili dalam indeks ini dipilih sendiri dan tidak dijamin mewakili negara/kawasan secara keseluruhan. Hanya orang-orang yang ingin belajar bahasa Inggris atau ingin tahu tentang kemampuan bahasa Inggris mereka yang akan berpartisipasi dalam salah satu tes ini. Ini bisa mencondongkan skor lebih rendah atau lebih tinggi daripada populasi umum.
Selain itu, karena tes dilakukan secara daring, orang yang tidak memiliki akses Internet atau kemampuan untuk menyelesaikan aplikasi daring secara otomatis dikecualikan. Di negara/kawasan di mana penggunaan Internet rendah, kami memperkirakan dampak pengecualian ini akan menjadi yang terkuat.